Kesuksesan Walt Disney yang Berawal dari Mimpi

January 2018

Administrator

WALT DISNEY

Odoo Members

Walt Disney lahir tanggal 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois. Walt merupakan anak bungsu dari pasangan Elias dan Flora Disney. Walt beserta keempat saudarannya, Herbert, Raymond, Roy dan Ruth, diperlakukan oleh Ayah nya seperti buruh upahan yang harus bekerja di kawasan perladangan di Missouri. Karena sifat Ayah nya yang pemarah, membuat kedua kakaknya melarikan diri dari rumah. Di sela - sela rasa kesepian dan pekerjaannya, Walt melewatkan jam - jam yang kosong dengan menciptakan teman - teman khayalannya dengan pena dan kertas. Di usia 8 tahun, Ayah nya mulai mendidiknya mencari uang dengan menjajakan koran, permen, dan minuman di kereta api. Hasil gambarnya mulai di jual ke teman dan tetangganya. Karena uang sakunya yang minim, Walt tidak pernah bisa masuk ke taman hiburan di dekat rumahnya. Taman hiburan inilah yang kelak menjadi salah satu impian besar Walt.

Di awal tahun 1920, Walt membuat dan memasarkan animasi kartun pertamanya dan menyempurnakan sebuah metode baru untuk menggabungkan gerak dan animasi. Ia mendirikan sebuah perusahaan Laugh - O - Gram Films. Lantaran minimnya pengalaman, Ia dirugikan oleh beberapa klien dan perusahaan ini bangkrut satu tahun berikutnya.  

Tahun 1923, Walt bukan lah siapa - siapa. Berbekal uang senilai 40 dollar disakunya, seperangkat alat gambar dan semua animasi yang sudah jadi, dia meninggalkan Kansas City menuju Hollywood. Saudara laki - lakinya, Roy O. Disney yang sudah berada di California, memberikan bantuan sebesar 250 dollar. Dengan mengumpulkan semua daya yang ada, mereka meminjam 500 dollar dan mendirikan stand kamera di garasi Paman nya. Tak lama kemudian, mereka menerima pesanan dari New York untuk menampilkan pertama "Alice Comedy (Alice in Wonderland)".

Tahun 1928, Walt menciptakan tokoh kartun "Oswald the Lucky Rabbit". Dari tokoh ini, Walt mengambil sebuah pelajaran berharga tentang hak paten karya - karyanya. Karena secara "polos" dia menyerahkan hak kepemilikannya pada distributornya di New York yang mengakibatkan kemunduran parah dalam usahanya. 

Menghadapi kejatuhan ini, Walt tidak menyerah. Ia memetik sebuah hikmah besar, bahwa Ia harus merebut industri hiburan secara besar - besaran hanya dalam waktu satu tahun. Lantaran pengalaman ini, Walt bersumpah, "Saya tidak akan bekerja lagi untuk orang lain".

Dari tokoh "Oswald the Lucky Rabbit", Walt mencoba untuk memunculkan tokoh baru, Mickey Mouse. Ide tikus ini diambil karena setiap Walt bekerja hingga larut malam, tikus - tikus berkumpul di keranjang sampahnya. Tokoh Mickey Mouse inilah yang akhirnya membesarkan namanya.

Mickey memulai debut pertamanya dalam film "Steamboat Willie" di tahun 1928, ketika film ini diproduksi, perusahaannya kehabisan uang dan Walt terpaksa menjual mobil sport yang sangat disayanginya. Meskipun pembuatan film ini menghabiskan biaya sebanyak 15.000 dollar, tetapi investasinya terbukti sangat berharga. Tahun 1932 Walt memenangkan Academy Award pertamanya lewat film "Flower and Trees".

Pada tanggal 21 Desember di tahun yang sama, film "Snow White and the Seven Dwarfs", film animasi musical pertama ditayangkan di Carthay Circle Theatre di Los Angeles. Produksi film ini memakan biaya 1.499.000 dollar.

Sebuah jumlah yang sangat besar, mengingat saat itu Amerika dalam keadaan depresi. Kreditur utama Walt menjadi takut dengan anggaran sebesar itu. Akibatnya film ini mendapat julukan "Kebodohan Disney", karena mereka berpendapat film semacam itu akan membosankan. Namun Walt tidak terpengaruh dengan itu semua, Ia tetap habis - habisan mengerahkan segala modal yang dimilikinya, uang, talenta, waktu dan tenaga. Akhirnya terbukti ketika film ini diluncurkan meraih sukses besar dan memenangkan Piala Oscar. Film ini menjadi sebuah tonggak keberhasilan industri perfilman saat itu. Dalam lima tahun berikutnya, Walt menyelesaikan beberapa film animasi klasik lainnya, seperti "Pinochio", "Fantasia", "Dumbo" dan "Bambi". Tahun 1952, Walt Disney mulai berencana membangun sebuah taman hiburan. Taman hiburan yang sudah diimpikannya sejak kecil. Desain Disneyland pun mulai dibuat. Setelah melalui proses pembangunan yang cukup panjang dengan investasi 17 juta dollar (pada tahun itu adalah sebuah angka yang fantastik), gerbang Disneyland resmi dibuka tanggal 17 Juli 1955. Hanya tujuh pekan setelah dibuka, Disneyland sudah mampu menyedot pengunjung sebanyak satu juta orang.

Tahun 1966, Walt mendapat penghargaan Grand Marshal pada turnamen bunga Pasadena. Sayangnya, di penghujung tahun ini, kesehatan Walt Disney memburuk. Tanggal 15 Desember, pukul 09.30 tepat 10 hari setelah ulang tahunnya yang ke - 65, Walt Disney meninggal dunia. Meskipun Walt Disney telah wafat, karya - karyanya terus berlanjut hingga kini. Bahkan Disneyland sudah tersebar hingga Jepang dan Perancis. Film animasinya sudah tak terhitung lagi jumlahnya, dan komik - komik Disney juga telah tersebar ke 46 negara di dunia.