Sikap Pro Active Akan Menguntungkanmu

July 2018

Venny Pratiwi
Odoo Members

THE STORY OF THE ANT AND THE GRASSHOPPER

Ada seekor belalang yang sangat mencintai kehidupan. Dia menghabiskan waktunya bermalas-malasan di bawah sinar matahari, makan ketika dia ingin makan, tidur ketika dia ingin tidur, pada umumnya menikmati waktu dengan dirinya sendiri. Dia seakan-akan tidak peduli terhadap dunia luar.
Suatu hari, ketika dia sedang berjemur di bawah sinar matahari, dia melihat seekor semut mendorong remah-remah roti di tanah. Belalang pun bertanya, "Hai teman! Apa yang sedang kamu lakukan?" Si Semut itu menjawab, "Saya sedang mengumpulkan makanan untuk persediaan di musim dingin selagi cuaca masih hangat. Begitu musim dingin tiba, saya akan tinggal di rumah dan makan dari persediaan makanan yang telah saya kumpulkan."
Belalang mentertawai kehidupan semut dan pergi berjemur sambil berkata, "Ada cukup waktu untuk pekerjaan membosankan seperti itu. Kamu harus meluangkan waktu untuk bersenang-senang seperti saya."  
Waktu pun berlalu, musim panas telah usai dan musim dingin tiba. Saat cuaca semakin dingin, semakin sulit bagi belalang untuk keluar dari rumah nya. Namun, lama-kelamaan dia mulai merasa lapar. Akhirnya belalang pun memberanikan diri melawan cuaca dan berusaha mencari makanan untuk dia makan.
Ketika dia melangkah keluar, semuanya tertutup salju dan dia tidak dapat menemukan apapun yang dapat di makan. Dia terus mencari makanan setiap hari nya, namun tetap tidak menemukan apa pun. Lama-kelamaan dia pun menjadi lemah dan akhirnya mati kelaparan.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas: 
Siapakah yang PROAKTIF? Belalang atau semut?
Tentu saja jawabannya adalah Semut. 
Apa karakteristik proaktif yang terlihat pada Semut?
1.Dia mengetahui dirinya, potensi dan kekuatannya: yaitu bahwa dia kecil, bahwa dengan bantuan rekan-rekan satu tim nya, tidak ada yang tidak bisa ia raih- tidak peduli seberapa besar potongan makanan itu.
2.Dia tahu peristiwa yang akan menimpa dirinya: yaitu musim dingin.
3.Dia tahu sumber daya yang dimilikinya: yaitu rekan-rekan tim dan waktu yang tersedia baginya di musim panas.


Apa ciri-ciri NON-PROAKTIF yang terdapat pada belalang?
1.Dia tidak mengetahui dirinya, potensi atau kekuatannya. Dia berfikir bahawa dia lebih besar dari semut sehingga tidak ada yang dapat menimpanya. Dia cukup besar untuk membawa makanan sendirian.
2.Dia tidak tahu beratnya peristiwa yang akan menimpanya: yaitu musim dingin.
3.Dia tidak tahu 'keterbatasan' dari sumber daya yang dia miliki: yaitu dia tidak memiliki tim dan sebelum dia sempat mencari makanan musim panas telah berlalu.