Kesuksesan Tak Memandang Siapapun

April 2018

Venny Pratiwi

Odoo Members

EMPOWERING

Seorang anak berkulit hitam, lahir di daerah kumuh Brooklyn, New York, ia melewati kehidupannya dalam lingkungan miskin dan penuh diskriminasi. Suatu hari ayahnya memberikan sehelai pakaian bekas padanya. 

"Menurutmu berapa harga pakaian ini?" tanya Ayahnya.

Ia menjawab, "Mungkin 1 USD"

"Bisakan dijual seharga 2 USD? Jika berhasil berarti engkau telah membantu ayah dan ibumu," ujar Ayahnya.

"Saya akan mencobanya," tanggap sang anak. Lalu dia membawa pakaian itu ke stasiun kereta bawah tanah dan menjual selama lebih dari enam jam, akhirnya ia berhasil menjual 2 USD dan berlari pulang.

Kemudian, ayahnya kembali menyerahkan sepotong pakain bekas kepadanya, "Coba sekarang kau jual seharga 20 USD?"

"Bagaimana mungkin? Pakaian ini paling hanya 2 USD," sahutnya kepada sang Ayah.

Ayahnya berkata, "Mengapa engkau tidak mencobanya dulu?"

Akhirnya, ia mendapat ide. Ia minta bantuan sepupunya untuk menggambarkan seekor Donald Duck yang lucu dan seekor Mickey Mouse yang nakal pada pakaian itu. Ia lalu menjualnya di sekolah anak orang kaya, dan terjual 25 USD.

Ayahnya kembali memberikan selembar pakaian bekas kepadanya, 

"Apakah engkau mampu menjualnya dengan harga 200 USD?"

Kali ini ia menerima tanpa keraguan sedikit pun, kebetulan aktris film populer "Charlie Angels", Farrah Fawcett berada di New York, sehabis konferensi pers, ia pun menerobos penjagaan pihak keamanan dan meminta Farrah Fawcett membubuhkan tanda tangan di pakaian bekasnya. Kemudia terjual 1500 USD.

Malamnya, ayahnya bertanya, "Anakku, dari pengalaman menjual tiga helai pakaian ini, apa yang engkau pahami?"

Ia menjawab "Selama kita mau berpikir pasti ada caranya."

Ayahnya menggelengkan kepala, "Engkau tidak salah, tapi bukan itu maksud ayah, ayah hanya ingin memberitahukanmu bahwa sehelai pakaian bekas yang bernilai satu dolar saja bisa ditingkatkan nilainya. Apalagi kita sebagai manusia? Mungkin kita berkulit gelap dan miskin, tapi apa bedanya?" ujar sang ayah.

Sejak itu, ia belajar dengan lebih giat dan menjalani latihan lebih keras, dua puluh tahun kemudian, namanya terkenal di seluruh dunia.