Bill Graham, Si "Mr Clean" yang Berintegritas

March 2018

Venny Pratiwi
Odoo Members

MR. CLEAN

Billy Graham, salah seorang pemimpin yang dihormati meninggal kemarin pada usia 99 tahun. Ia pernah menjadi penasihat bagi 12 Presiden Amerika. Di sepanjang hidupnya, Ia pernah berbicara di hadapan 215 juta orang di 185 negara di dunia. Jumlah ini belum termasuk orang - orang yang dijangkau oleh siaran televisi dan radionya. Billy Graham pernah masuk dalam daftar survey Gallup sebagai orang yang paling dikagumi selama 60 tahun berturut - turut!

Mungkin yang paling mengagumkan dari pemimpin ini adalah seumur hidupnya Ia tidak pernah terserempet skandal keuangan, perempuan, politik atau skandal lainnya. Ia dijuluki "Mr. Clean". Integritasnya dipertahankan hingga hari terakhir hidupnya. Hal yang tidak mudah di dunia yang penuh godaan ini.

Billy graham berkata bahwa seseorang yang memiliki integritas akan sama di dalam dengan apa yang nampak dari luar. Hanya ada satu Billy Graham, di ranah publik dan di ranah pribadi tidak berbeda.

Sebagai seorang pemimpin yang selalu menjadi pusat perhatian, Billy Graham sangat berhati - hati. Sehingga di kalangan pemimpin ada yang namanya "Billy Graham Rule" yang intinya menghindari segala hal yang dapat ditafsirkan sebagai pelanggan moral, termasuk tidak bersedia bertemu berdua dengan lawan jenis, kecuali istrinya. Ia juga membuka dirinya untuk bertanggungjawab (accountable) pada beberapa rekan yang bisa bertanya dan menasihatinya tentang kehidupan pribadinya.

Menurutnya integritas adalah, bila tiba - tiba kehidupan pribadi kita dibuka, kita tidak punya alasan untuk malu. Integritas berarti kehidupan luar kita konsisten dengan keyakinan di dalam kita. Integritas adalah lem yang menyatukan seluruh kehidupan kita. Generasi muda ingin melihat integritas, kejujuran dan kebenaran dalam hidup para pendahulunya. Dan integritas hanya bisa didapatkan dalam kehidupan yang dekat dengan Tuhan.